Cara Cepat Belajar Gitar Untuk Pemula

Cara Cepat Belajar Gitar Untuk Pemula




Assalammualaikum wr wb...
Dalam perkembangan musik seperti sekarang ini saya rasa kita tidak asing lagi mendengar instrument musik yang bernama gitar, karena banyak sekali jenis musik atau pertunjukan musik yang menggunakan instrument gitar tersebut. Jenis gitar pun tidak hanya satu, ada beberapa jenis gitar yang harus kita ketahui agar dalam permainannya kita dapat menyesuaikan dengan jenis musik nya. Adapun jenis-jenisnya yaitu gitar akustik, gitar klasik, dan gitar listrik. Secara permainannya instrument tersebut sama, hanya saja perbedaannya terdapat pada warna suaranya atau karakter suaranya. Dalam artikel saya kali ini saya akan menjelaskan tentang akord atau kunci-kunci dasar pada gitar untuk pemula dan yang baru belajar bermain gitar. Pada artikel kali ini saya khususkan untuk akord mayor dan akord minor saja. Akord mayor yaitu kunci yang memiliki nuansa riang gembira sedangkan akord minor adalah kunci yang memiliki nuansa sedih. 
Berikut penjelasannya :

1. Kunci (Akord) C
kunci C mayor pada gitar yaitu dengan menekan senar 2 dengan jari telunjuk, senar 4 dengan jari tengah, dan senar 5 dengan jari manis. Dengan nada pokok C-E-G.

kunci Cm atau C minor pada gitar yaitu dengan menekan senar pada kolom ke3 yaitu dimana jari telunjuk menekan keseluruhan senar 1 sampai 5, senar 2 ditekan dengan jari tengah, senar 3 ditekan dengan jari kelingking, dan senar 4 ditekan dengan jari manis. Dengan nada pokok C-Eb-G.

2. Kunci (Akord) D
Kunci (Akord) D Mayor pada gitar yaitu dengan menekan senar pada kolom 2 yaitu senar 1 ditekan dengan jari tengah, senar 2 ditekan dengan jari manis, dan senar 3 ditekan dengan jari telunjuk. Nada pada kunci ini adalah D-F#-A.
Kunci (Akord) Dm atau D minor pada gitar yaitu dengan menekan pada kolom pertama yang mana jari telunjuk menekan senar 1, jari manis menekan senar 2, dan jari tengah menekan senar 3. Nada pada kunci ini ialah D-F-A. 

3. Kunci (Akord) E
kunci E atau E mayor pada gitar yaitu dengan menekan pada kolom pertama dimana jari telunjuk menekan senar 3, jari manis menekan senar 4, dan jari tengah menekan senar 5. Nada pada kunci ini adalah E-G#-B.

kunci Em atay E minor pada gitar adalah dengan menekan pada kolom ke 2 dimana jari manis menekan senar 4 dan jari tengah menekan senar 5. Nada pada kunci ini adalah E-G-B.

4.Kunci (Akord) F
kunci F atau F mayor pada gitar yaitu dengan menekan pada kolom pertama dimana jari telunjuk menekan senar 1 dan 2, jari tengah menekan senar 3, serta jari manis menekan senar 4. Nada pada kunci ini adalah F-A-C.


Unduh apk jagosenii agar dapat lebih mudah mengakses blog ini dengan cara klik Disini

kunci Fm atau F minor pada gitar yaitu dengan menekan pada kolom pertama dimana jari telunjuk menekan semua senar, jari kelingking menekan senar 4, dan jari manis menekan senar 5. Nada pada kunci ini adalah F-Ab-C.

5.Kunci (Akord) G
kunci G atau G mayor pada gitar yaitu dengan menakan pada kolom 2 dimana jari kelingking menekan senar 1, jari manis menekan senar 2, jari tengah menekan senar 6, dan jari telunjuk menekan senar 5. Nada pada kunci ini adalah G-B-D.

Kunci Gm atau G minor  pada gitar yaitu dengan menekan senar pada kolom ke 3 dimana jari telunjuk menekan keseluruhan senar, jari kelingking menekan senar 4, dan jari manis menekan senar 5. Nada pada kunci ini adalah G-Bb-D.

6. Kunci (Akord) A
 
kunci A atau A mayor  pada gitar yaitu dengan menekan senar pada kolom 2 dimana jari manis menekan senar 2, jari tengah menekan senar 3, dan jari telunjuk menekan senar 1. Nada pada kunci ini adalah A-C#-E.


kunci Am atau A minor  pada gitar yaitu dengan menekan senar pada kolom pertama dimana jari telunjuk menekan senar 2, jari manis menekan senar 3, dan jari tengah menekan senar 4. Nada pada kunci ini adalah A-C-E.

7. Kunci (Akord) B
 
kunci B atau B mayor pada gitar yaitu dengan menekan senar pada kolom ke 2 dimana jari telunjuk menekan keseluruhan senar, jari kelingking menekan senar 2, jari manis menekan senar 3, dan jari tengah menekan senar 4. Nada pada kunci ini adalah B-D#-F#. 

kunci Bm atau B minor pada gitar yaitu dengan menekan senar pada kolom ke 2 dimana jari telunjuk menekan keseluruhan senar, jari tengah menekan pada senar 2, jari kelingking menekan senar 3, dan jari manis menekan senar 4. Nada pada kunci ini adalah B-D-F#. 


Demikian penjelasan singkat saya mengenai "cara cepat belajar gitar untuk pemula" khususnya akord dasar dalam bermain gitar, semoga dapat bermanfaat bagi pembacanya. jika ada kritik dan saran akan saya terima dengan lapang dada, dan silahkan tuliskan di komentar.

Comments

  1. tolong segera d lengkapi artikelnya

    ReplyDelete
  2. Mau request nih bang,coba dibuat artikel yg mengajarkan buat fingerstyle buat para pemula lebih bagus kalo di kasih video nya sekalian makasih😂😂

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Musik Tradisional Indonesia

Klasifikasi Alat Musik

Fungsi Seni Musik Dalam Kehidupan