Jenis dan Genre Musik Dunia

Jenis Genre Musik Di Dunia



Asalammualikum wr wb....
Jenis atau juga dapat dikatakan sebagai genre musik merupakan pengelompokan dan pengklasifikasian musik sesuai dengan kemiripan antara musik yang satu dengan yang lainnya. Genre musik dapat dikelompokkan berdasarkan dari mana ia berasal, tehnik yang dipakai dalam bermain musik, gaya dalam musik, konteks musik serta tema dalam garapan musik.
Secara umum musik dikategorikan berdasarkan fungsinya. Secara garis besar musik dibagi menjadi tiga kelompok yakni musik seni, musik populer dan musik tradisional.

A.    Jenis Musik Seni (art music)
Yang termasuk dalam jenis music seni ialah musik klasik.
Ketika berbicara tentang musik klasik pasti yang terfikir dibenak kita adalah komponis yang melegenda seperti Mozart dan Bethoven. Namun nyatanya musik klasik tercipta jauh sebelum itu.
Adapun periode perkembangan musik klasik adalah sebagai berikut:
·         Zaman Pertengahan (476-1450)
·         Zaman Reneisans (1450-1600)
·         Zaman Barok (1600-1750)
·         Zaman Klasik (1740-1830)
·         Zaman Romantik (1815-1910)

Dari  periode diatas yang memberikan perkembangan sangat besar dalam musik klasik adalah Zaman Klasik, karena pada zaman ini banyak lahir musisi-musisi ternama seperti, Josep Hydn, Johann Ladislaus Dussek, Muzio Clamenti, Andre Lauchesi, Antonio Salieri, Philip Emanuel Bach, Ludwig Van Bethoven dan Wolfgang Amadeus Mozart.

B.    Jenis Musik Populer

Berikut ini jenis-jenis musik populer yang ada didunia

1.       Musik blues
Blues adalah aliran instrumental dan musik vokal berasal dari penduduk Afro-Amerika. Musik blues terlahir dari musik-musik pujian dan spritual yang muncul dikalangan bekas budak-budak Afrika yang tinggal di Amerika.
Jenis musik blues ini terbagi menjadi empat bagian utama, yakni :
-          Delta blues : gaya asli blues yang berasal dari daerah Delta Mississipi.
-          Chicago blues : gaya yang memperkenalkan mikrofon untuk vokal dan amplifier dan isntrument listrik pada suara blues
-          Texas Blues : serpa dengan chicago blues dalam hal instrumentnya namun ditambah sentuhan texas yang tidak ada dalam chicago.
-          Blues Rock : gaya yang paling muda dari seni musik blues yang dimulai dari tahun 1960an.

Dalam perkembangannya, musik blues banyak mempengaruhi berbagai macam genre musik  yang ada di dunia seperti, ragtime, pop, jazz, big band, country dan RnB.

2.       Musik Funk
Funk merupakan musik yang berasal atau berakar pada musik RnB (Rytmn & Blues), jazz, dan soul musik yang dijadikan sebuah ritmik. Jenis musik funk terlahir pada tahun 1960an ketika para musisi Afro Amerika mencoba berimprovisasi.
Ciri dari musik funk ialah suara gitarnya yang kuat serta drumb yang dominan, memiliki alunan nada yang terpotong singkat dan memberikan kesan dansa.

3.       Musik Hiphop
Hiphop merupakan salah satu jenis musik yang terdiri dari perpaduan rapping, Djing, breakdance dan graffity.
Hiphop lahir pada tahun 1970an, seperti genre musik lain hiphop juga memiliki era dan melahirkan musisi dalam perkembanganya. Diantara musisi hiphop yang terkenal adalah Nate Dogg, Snoop Dogg dan ludacris.

4.       Musik Jazz
Jazz merupakan salah satu jenis musik yang lahir di Amerika sekitar awal abad ke 20. Genre musik ini ialah improvisasi dari berbagai jenis musik. Ciri dari musik ini ialah banyak menggunakan akord yang tidak lazim dalam kata lain bukan menggunakan akord yang hanya terdiri dari tiga nada saja.
Instrument yang dipakai dalam musik jazz adalah biola, piano, saxophone, bass, drumb, gitar, trombone dan trompet. Perkembangan musik jazz dapat dikatakan sangat menakjubkan, dari yang awalnya mendapat hinaan hingga sampai menjadi musik kelas atas.

5.       Musik Metal
Musik metal lahir dari kata Heavy Metal yang terdapat dari lagu band Hard Rock tahun 1960an, Steppenwolf. Seiring berkembangnya musik rock pada tahun 1970an, nama Heavy Metal kemudian dijadikan aliran tersendiri, dengan merujuk pada blues rock dan psychedelic rock.
Gendre musik metal ini dicirikan solo gitar yang panjang, distorsi gitar yang kuat dan ketukan yang cepat disemua instrument alat musiknya. Dengan adanya aliran musik metal ini terbentuklah band-band besar pada era itu seperti Led Zeppelin, Black Sabbath dan Deep Purple. Namun, elemen blues masih terlihat kental mempengaruhi di era ini.
Musik metal ini terus berkembang dan menjadi sejarah salah satu genre musik. Karena perkembangan genre musik ini akhirnya dijadikannya beberapa sub-genre, yaitu Nu Metal, Glam Metal, Death Metal, Doom Metal, Black Metal, Trash Metal, Folk Metal dan Power Metal.

6.       Genre Musik POP
Jenis musik ini merupakan musik yang paling diminati, karena musik POP merupan genre musik yang paling enak untuk dinikmati semua kalangan. Nama musik Pop  diambil dari kata “Populer”. Musik ini muncul pada tahun 1918 dan mulai diterima di Amerika Serikat pada tahun 1920. Istilah musik Pop ini dikenalakan oleh seorang pengamat seni rupa yang bernama Laweence Alloway.
Dimasa awalnya pop hanyalah pengiring tarian tanggonyang bernada minor dan melankolis. Hingga pada tahun 1940 musik pop memjadi salah satu jenis musik yang digemari diseluruh dunia dengan irama seperti rhumba, samba, salsa, conga, mambo dan lainnya.
Namun dalam perkembangannya musik pop sering tumpang tindih dengan genre musik lain karena banyak musisi pop yang dimasukkan kedalam kategori genre musik lainnya.

7.       Musik Reggae
Musik Raggae mempunyai ciri khas dengan ritme backbeat dan progresi akord sederhana. Genre musik ini berasal dari jamaika dan mirip dengan gaya musik ska dan rocksteady.
Amerika dan Jamaika mengakui reggae sebagai genre musik tersendiri pada tahun 1960an. Genre musik ini melahirkan beberapa musisi hebat seperti Bob Marley, Prience Buster, Desmon Dekker dan Jackie Mittoo.

8.       Musik Rock
Jenis genre musik ini mulai dikenal secara umum pada pertengahan tahun 1950an .
Rock mempunyai ciri khas yang di dominasi oleh vokal, drumb, keyboard maupun sythesizer. Dalam beberapa dekade saja genre musik ini sudah meneruskan sub-genre baru seperti soft rock, glam rock, progresiv rock, punk rock, dan alternatif rock.


C.    Jenis Musik Tradisional
Musik Tradisional berasal dari bahasa latin yaitu traditio yang artinya kebiasaan masyarakat yang sifatnya turun temurun. Jadi dapat disimpulkan  musik tradisional merupakan seni musik yang menggambarkan ciri khas dari kalangan masyarakat tertentu secara turun temurun.

Setiap negara memiliki musik tradisional masing-masing. Berikut contoh musik tradisional dari berbagai negara :
1.       Musik tradisional indonesia, musik Gong Luang, Musik Krumpyung, Gembang Kromong, Laras Madya dan Santi Swara, Karang Dodou, Musik huda, Goong Rentang.
2.       Musik Tradisional Jepang, Biwa Hoshi, Heike Biwa, Moso dan Biwa.
3.       Musik Tradisional Spanyol, Tango, Brukdown, Samba, Salsa, Bachata, Cha Cha Cha, Reggaeton.
              4.     Musik Tradisional Korea, Nongak, Samul Nori, Minyo, Pansori, Arirang dll.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Musik Tradisional Indonesia

Klasifikasi Alat Musik

Fungsi Seni Musik Dalam Kehidupan