Musik Sebagai Simbol Masyarakat

Musik Sebagai Simbol Masyarakat Pendukungnya


Jika dikatakan tentang simbol, simbol berasal dari suatu kata dalam bahasa yunani yaitu symballo yang artinya melempar bersama-sama. Melempar atau meletakkan bersama-sama dalam suatu ide atau gagasan objek yang berkaitan, sehingga objek tersebut mewakili gagasan. Simbol dapat mengantarkan seseorang kedalam gagasan masa depan maupun gagasan masa lalu.
Simbol diwujudkan dalam gambar, bentuk, gerakan, atau benda yang memiliki sebuah gagasan. Simbol sangat diperlukan untuk kepentingan penghayatan dan nilai-nilai yang diwakilinya. Jika dilihat dari kegunaannya simbol dapat digunakan untuk keperluan apa saja, semisal ilmu pengetahuan, kehidupan sosial, dan juga keagamaan.
Bentuk simbol tak hanya berupa benda kasat mata namun juga melalui gerakan dan ucapan. Simbol yang paling umum digunakan ialah tulisan, yang merupakan simbol kata-kata dan suara yang dapat juga dikatakan musik sebagai simbol.

Musik Tradisional biasanya dijadikan sebagai simbol dalam kehidupan bermasyarakat di wilayah nusantara. Tiap wilayah di nusantara kita memiliki karakteristik musik yang berbeda-beda. Perbedaan itu terjadi karena tiap daerah di nusantara memiliki budaya dan bahasa yang berbeda-beda, sehingga membuat musik yang dihasilkan dari tiap daerah berbeda pula baik dari segi alat musik yang digunakan serta pola dan irama musik yang digunakan. Akibat dari adanya perbedaan tersebut musik dari tiap daerah tentu memiliki makna yang berbeda pula.
Berkaitan dengan judul yaitu “Musik Sebagai Simbol Masyarakat Pendukungnya” maka dapat dikatakan musik itu berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat dalam ruang lingkup musik tersebut. Dikatakan simbol masyarakat berarti musik itu mewakili dari masyarakat itu biasanya dalam segi adat dan budaya yang hidup di dalam masyarakat tersebut. Simbol-simbol tersebut tampak pada bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh instrument-instrument khas dari masyarakat tersebut dan vokal dari nyanyian masyarakat.

Secara musikal, simbol musik biasanya tampak pada elemen-elemen di dalamnya, seperti tinggi rendah nada atau pitch, ritme, dinamika, dan tempo sebagaimana hal-hal tersebut tergolong kedalam unsur-unsur dasar dalam musik.

Demikian penjelasan saya tentang musik sebagai simbol dalam masyarakat pendukungnya, jika ada yang kurang berkenan akan artikel ini silahkan berapresiasi di komentar. karena saya hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan.
Terima kasih telah membaca .....😉😉😉 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Musik Tradisional Indonesia

Klasifikasi Alat Musik

Fungsi Seni Musik Dalam Kehidupan