Musik adalah


APA ITU MUSIC?




Assalammualaikum wr wb...
Hallo sobat semua selamat datang di blog saya yang baru, ya meski ga baru-baru amat sih hehe...
Sebelum membahas tengtang apa yang bakal saya tulis, sebelumnya saya minta maaf karena dalam penulisan artikel ini saya menggunakan bahasa yang tidak baku, karena saya juga masih belajar dalam menulis.... :D
Ya saya disini akan membahas tentang music, khususnya music yang berhubungan dengan materi disekolah-sekolah.
Dimulai dari teori music hingga praktek atau tutorial memainkan berbagai macam alat-alat music.
Oke dalam ulasan kali ini saya akan membahas sesuai dengan apa yang ada pada judul dari tulisan saya sekarang yaitu APA ITU MUSIC?....

Dalam artian umum :
  1. Wikipedia
musik dapat dikatakan sebagai suara atau bunyi yang didudun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

  1. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Musik adalah ilmu atau seni yang menyusun nada atau suara kedalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi atau susunan yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

1.   Jika menurut para ahli adalah sebagai berikut :

          ADJIE ESA POETRA
Music adala sebuah bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif,melainkan juga diakui selaras yang berdararkan perhitungan para ahli ilmu fisika.

2.      ARISTOTELES
Musik adalah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada (melodi) yang memiliki irama.

3.      BANOE
musik adalah cabang seni yang menjelaskan tentang berbagai macam suara dalam pola yang dapata dipahami oleh manusia.

4.      DAVID EWEN
Musik adalah ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental. Yang mencakup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosional.

5.      DELLO JOIO
Music bisa menambah pengetahuandan pandangan, selain juga mengenal banyak hal laindi luar music. Pada pengenalan terhadap music akan meningkatkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari sebuah kenyataan yang selama ini tersembunyi.

6.      JAMALUS
Music adalah suatu yang membuahkan hasil karya seni, berupa bunyi berbentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan fikiran serta perasaan pencipta lewat unsur-unsur pokok musik, yakni irama, melodi, harmoni, serta bentuk atau susunan lagu dan ekspresi sebagai suatu kesatuan.

7.      LEXICOGRAHER
Music adalah ilmu dan seni paduan ritmis beberapa nada, vokal ataupun instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapkan apa saja yang mungkin, namun khususnya yang bersifat emosional.

8.      SYALADO
Music ialah wujud yang hidup dari beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelasnya ia mengatakan bahwa alunan musik dan nada yang berjiwa dapat menggerakkan isi hati sang penikmatnya.

9.      SUHASTJARJA
Masic yakni suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat, tentang bentuk wujud nada atau suara lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni serta memiliki suatu bentuk dalam ruangdan waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan hidupnya sehingga dapat dimengerti dan dinikmatinya.

10.  SCHOPENHAUER
Seorang filsuf asal jerman ini berpendapat bahwa, music adalah melodi yang syairnya berupa alam semesta.

 

Dari pendapat-pendapat yang saya sampaikan dan ulas diatas tentu sobat sekalian sudah dapat menyimpulkan sendiri bukan tentang APA ITU MUSIK..... :D

 

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga yang dibaca dapat bermanfaat bagi sobat sekalian, dan semoga pengunjung blog ini selalu di berkahi oleh Allah SWT...Aamiin J


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Musik Tradisional Indonesia

Klasifikasi Alat Musik

Fungsi Seni Musik Dalam Kehidupan